Gubsu,Bupati Dan Kapolres Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kantor Bupati Batu Bara

Selasa 21 Februari 2023

Kabarsimalungun.com || BATU BARA — Masyarakat Kabupaten Batu Bara patut berbangga hati, pasalnya kabupaten yang telah dimekarkan dari Kabupaten Asahan selama 16 tahun ini akhirnya akan memiliki kantor bupati sendiri.

Saat ini Kantor Bupati Batu Bara telah memasuki tahap pembangunan yang ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, di eks lahan PT. Socfindo di Kecamatan Lima Puluh, Selasa (21/02/2023).

Peletakan batu pertama pembangunan Kantor Bupati Batu Bara juga dilakukan oleh Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., Wakil Bupati Oky Iqbal Frima, Pj. Sekdakab Batu Bara Norma Deli Siregar, Ketua TP PKK Ny. Hj. Maya Indriasari Zahir dan Ketua Bidang I Pembinaan Karakter TP PKK Ny. Astuti Wulandari serta Ketua DPRD Batu Bara M. Safi’i.

Dalam sambutannya Gubsu Edy mengatakan Kabupaten Batu Bara akan menjadi pusat industri besar di wilayah pesisir Sumatera Utara, sehingga perlu didukung dengan sarana dan prasarana seperti perkantoran pemerintah untuk menunjang pembangunan di segala sektor. Edy juga menyebut akan memberikan bantuan 25 ribu sak semen untuk pembangunan awal Kantor Bupati Batu Bara.

“Dua puluh lima ribu sak semen akan saya kirim. Pokoknya jatah awal saya dua puluh lima ribu sak semen sebagai bentuk partisipasi awal saya,” ucap Gubsu Edy.

Gubsu Edy juga mengatakan peletakan batu pertama pembangunan Kantor Bupati Batu Bara ini menjadi awal Kabupaten Batu Bara lebih maju setelah 16 tahun terbentuk namun tidak memiliki kantor bupati.

Sementara itu Bupati Zahir mengatakan pembangunan kantor bupati ini merupakan cita-cita besar yang selama ini telah dicanangkan dan hari ini satu persatu mulai terwujud. Dirinya menyampaikan semua ini berkat doa dan kerja keras seluruh pihak di Kabupaten Batu Bara khususnya Masyarakat Batu Bara.

“Semua ini tak lepas dari dukungan masyarakat Batu Bara dan dukungan yang besar dari Pak Gubsu sehingga tanah pembangunan kantor bupati ini bisa kita miliki. Gubsu juga telah menghibahkan tanah untuk pembangunan masjid di pintu masuk Batu Bara,” ungkap Bupati Zahir.

Dalam kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Kantor Bupati Batu Bara ini juga dirangkai dengan sejumlah kegiatan lainnya di antaranya pelantikan Pengurus Majelis Adat Budaya Melayu (MABMI) Kecamatan se-Kabupaten Batu Bara periode 2023-2026, pengukuhan Dewan Pengurus Korpri Batu Bara masa bakti 2021-2026 dan pelantikan Pengurus PGRI Kabupaten Batu Bara masa bakti 2023-2025.

Selanjutnya penyerahan penghargaan partisipasi pengadaan lahan perkantoran Pemerintah Kabupaten Batu Bara kepada BPN Kabupaten Asahan, BPN Kabupaten Batu Bara dan PT Socfindo. Lalu penyerakan SK ASN sebanyak 190 orang dan penyerahan biaya operasional dan insentif bagi desa percontohan 10 Program Pokok PKK, operator sistem keuangan desa (Siskeudes) terbaik dan desa bersih.

Sebelumnya di hari sama, Gubsu Edy dan Bupati Zahir meresmikan Masjid Abdul Rachman Ishaq di rest area Jalan Lintas Sumatera, Kecamatan Laut Tador. Peresmian masjid ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita, dilanjutkan shalat dzuhur berjamaah di masjid tersebut.

Penamaan Masjid Abdul Rachman Ishaq sendiri berasal dari nama orangtua Gubsu Edy. Ini sebagai bentuk apresiasi dan terima kasih kepada Gubsu Edy karena telah menghibahkan lahan Pemrov Sumut kepada Pemkab Batu Bara untuk dibangun rest area.

Keberadaan rest area yang berada di pintu masuk Kabupaten Batu Bara ini menyiapkan kios-kios UMKM asli Batu Bara dan minimarket tempat hasil kerajinan yang dikelola Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Batu Bara sehingga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Batu Bara. (as-red)

197 Pembaca
error: Content is protected !!