Jalan Tol Sinaksak Jalur Alternatif, Kapolres Simalungun Laksanakan Simulasi dan Pola Pengamanan

Kabarsimalungun.com || SIMALUNGUN – Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., bersama Personel Polres Simalungun melaksanakan kegiatan Simulasi dan Gladi Penggunaan Jalur Alternatif TOL Sinaksak-Dolok Merawan dalam rangka antisipasi lonjakan kendaraan pada saat pelaksanaan Ops Lilin Toba 2022. Jalan Lintas Sumatera Pintu Tol Sinaksak, Selasa(20/12/2022)

Kegiatan tersebut langsung mendapatakan Evaluasi Secara Virtual yang dipimpin oleh Bapak Kapolda Sumatera Utara Irjen. Pol. Drs. R. Z. Panca Putra S., M.Si., yang juga melakukan simulasi jalur di wilayah hukum Koya Tebing Tinggi dan Kabupaten Batu Bara.

Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., melaksanakan kegiatan Simulasi bersama Kabag Ops Polres Simalungun AKP Kristo Tamba, S.H., S.I.K., M.I.K., Kasat Lantas Polres Simalungun AKP M. Haris., Sihite, S.E., Personel Polres yang melaksanakan Simulasi Pengamanan., Penanggung Jawab Proyek PT.Hutama Marga Waskita, Bapak Imam Juni, dkk Penanggung Jawab Proyek PT.Hutama Karya (HK)., Dinas PUPR Simalungun.

Kapolres mengatakan bahwa dalam pelaksanaan simulasi ditemukan beberapa kendala yaitu, “Pintu Tol Dolok Marawan masih dalam proses pengerjaan sehingga belum bisa dilalui, dikarenakan curah hujan diwilayah tersebut meningkat menjadi hambatan dalam proses pengerjaan nya, “ucap AKBP Ronald.

Polres Simalungun telah melaksanakan Simulasi dan Gladi Penggunaan Jalur Alternatif TOL Sinaksak-Dolok Merawan dalam rangka antisipasi lonjakan kendaraan pada saat pelaksanaan Ops Lilin Toba 2022, Pada Hari Selasa, Tanggal 20 Desember 2022, Pukul. 11.30 WIB s/d Selesai Lokasi di Jalan Lintas Sumatera, Jalur Tol Sinaksak-Dolok Marawan, Kabupaten Simalungun.

Dalam pelaksanaanya Polres Simalungun menerapkan Pengamanan Dari Pintu Masuk Tol Sinaksak menuju Pintu Tol Dolok Marawan dengan Pengawalan kendaraan Dinas Sat Lantas Polres Simalungun di depan, ditengah dan dibelakang iring-iringan kendaraan dan arah sebaliknya.

Sepanjang perjalanan telah dipasang beberapa Tanda Peringatan, Himbauan serta Pembatas Jalan dengan Tolo-tolo(Kun) di titik-titik rawan, seperti jalan yang belum rata, belum dipasang pembatas jalan serta belum ada penerangan dimalam hari, Didalam Jalur Tol Sinaksak-Dolok Marawan Telah didirikan dua Tenda Pos Polisi yang akan digunakan sebagai Pos Pengamanan Khusua Jalur Tol Sinaksa-Dolok Marawan guna menjaga keamanan penggunaan Jalur Alternatif tersebut.

“Kita harapkan Jalur Alternatif Tol Sinaksak-Dolok Merawan dapat dipergunakan membantu Pelaksanaan Operasi Lilin Toba 2022, Untuk penggunaan akan disesuaikan dengan kebutuhan melihat situasional, kapan akan digunakan lajur Sinaksak ke Dolok Marawan dan sebaliknya hal ini melihat situasi kontijensi saat perayaan Hari Raya Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023.

Kepada masyarakat kami menghimbau, “Untuk dapat mengikuti apa yang menjadi arahan oleh Petugas, dapat membaca rambu-rambu yang terpasang disepanjang rute Sianaksak-Dolok Merawan, Jalur ini belum difungsikan sebagai Jalan Tol namun saat ini dijadikan Jalur Alternatif Dari Tebing Menuju Siantar ataupun sebaliknya, dalam rangka antisipasi lonjakan kendaraan selama Operasi Lilin Toba 2022”, tanadas Kapolres Simalungun……..( SGN )

241 Pembaca
error: Content is protected !!