KAPOLDA BANTEN BUKA PENDIDIKAN PEMBENTUKAN BINTARA POLRI TAHUN 2021.

  • Bagikan

Kabarsimalungun.com. PANDEGLANG – Kapolda Banten Irjen Pol Dr. Rudy Heriyanto membuka Pendidikan Pembentukan Bintara Polri tahun 2021 di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Banten Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Senin (26/07/2021) pukul 08.00 wib.

“Pendidikan Pembentukan Bintara Polri tahun 2021 secara resmi saya nyatakan dibuka,” ujar Rudy Heriyanto dalam upacara pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri TA 2021 SPN Polda Banten Mandalawangi Kabupaten Pandeglang.

Ketika membacakan amanat Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komisaris Jenderal Polisi Prof Dr. H. Rycko Amelza Dahniel M.SI Kapolda mengatakan, bahwa pendidikan pembentukan Bintara Polri pada tahun ini memiliki beberapa kekhususan dalam penyelenggaraannya, sehingga memerlukan antisipasi dan kesiapan kita secara khusus pula dalam persiapan dan pelaksanaannya.

Pertama, pendidikan dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19, kedua Diktuba tahun ini secara khusus untuk pertama kalinya akan diterapkan penguatan kurikulum baru yang telah diresmikan oleh bapak Kapolri pada peringatan hari Bhayangkara ke-75 pada tanggal 1 Juli yang lalu yang diberi nama kurikulum presisi, ketiga secara khusus tahun ini diselenggarakan secara bersamaan pendidikan reguler dengan sumber pembiayaan APBN dan pendidikan hibah dengan sumber pembiayaan APBD.

Terdapat 10.650 serdik reguler dan 4636 serdik dari sumber hibah yang berasal dari provinsi Papua, Papua barat, Kalsel Sumsel, Babel dan Jatim. Sehingga jumlahnya menjadi 15.286 yang terdiri dari 14.609 pria dan 677 wanita.

Oleh karena itu kondisi ini memiliki tantangan tersendiri, yaitu dengan bertambahnya jumlah sedikit maka perlu pengaturan akomodasi dan fasilitas pendidikan yang tetap harus mengikuti disiplin proses kesiapan faskes dan fasdik yang memadai.

Untuk menjawab tantangan ini semua maka telah ditetapkan 8 program prioritas transformasi pendidikan Polri.

  1. Mewujudkan kampus yang sehat
  2. Mewujudkan kampus yang aman
  3. Mewujudkan kampus sebagai pusat keunggulan
  4. Menjadikan kampus tempat favorit dan prestasi
  5. Membangun kampus dengan kurikulum kekinian dan menjawab tantangan tugas
  6. Membangun kampus dengan struktur kuat
  7. Membangun kampus kebangsaan
  8. Mewujudkan pendidikan tinggi ilmu Kepolisian yang inklusif untuk umat manusia.

Usai upacara, Rudy Heriyanto menjelaskan tentang tujuan diadakannya pendidikan ini.

“Pagi ini adalah kegiatan pendidikan pembentukan Bintara-bintara baru sebagai bagian dari menggantikan yang pensiun, mengganti yang meninggal dan menambahkan kekurangan kita,” ucap Rudy Heriyanto.

Rudy Heriyanto berharap 400 siswa yang mengikuti pendidikan selama 5 bulan kedepan dapat memperkuat Polri kedepannya sehingga bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Sementara itu, Kabidhumas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi mengucapkan selamat kepada 400 siswa yang terpilih dan mengikuti pendidikan.

“Selamat buat para siswa yang mengikuti pendidikan pembentukan Bintara Polri 2021. Semangat dalam mengikuti setiap pelajaran yang diberi dan selalu jaga kesehatan. Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yang ada,” tutup Edy Sumardi. (Tim-red)

(Ay/Bidhumas).

Komentar Anda
  • Bagikan