Dinkes Batu Bara Berikan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Korban Banjir

Selasa 08 November 2022

Kabarsimalungun.com || BATU BARA — Dinas Kesehatan Kabupaten Batu Bara berikan bantuan (pelayanan) warga yang terdampak banjir di empat Kecamatan yang terdampak banjir. Bantuan medis itu dilakukan tenaga medis yang berada di Puskesmas maupun Pustu yang ada di daerah banjir.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batu Bara drg Wahid Khusyairi saat dikonfirmasi pada Selasa 8/11/2022.

Menurut Wahid, pemantauan dengan tindakan itu berbeda, tindakan medis dilakukan berdasarkan keluhan warga.

Dalam penanganan bencana alam, Dinas Kesehatan sebagai kluster dibawah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). BPBD garda terdepan untuk melakukan assesment. “Setelah itu Kesehatan bergerak menangani paska bencana.

Dalam penanggulangan bencana banjir saat ini, “kita melakukan pelayan kesehatan bagi masyarakat korban banjir. Umumnya penyakitnya gatal2, diare dan demam, “jelasnya.

“Kita juga telah mendirikan posko kesehatan di Desa Sai Buah Keras, Kecamatan Medang, Desa Gambus Laut Kecamatan Lima Puluh Pesisir, dan Desa Tanjung Mulia Kecamatan Nibung Hangus.

Terkait jumlah warga terdampak banjir yang terkena penyakit gatal-gatal, diare dan demam, masih dalam penginputan, karena kondisi air masih menggenang, kemungkinan data itu akan terus berubah, “pungkas drg Wahid. (Martua)

190 Pembaca
error: Content is protected !!