Rumah Edukasi Informasi Sukses Menggelar Festival Solo Vocal

  • Bagikan

Batu Bara, Berkreasi dan terus berkreasi dilakoni Rumah Edukasi dan Informasi Batu Bara meski deraan wabah Covid-19 masih belum sirna.

Menyikapi pandemi Covid-19, Rumah Edukasi dan Informasi Batu Bara yang dikomandoi Wan Azimah tanpa henti mengedukasi masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.

Selain itu untuk mengangkat potensi lokal sekaligus mengurangi kejenuhan generasi muda akibat pandemi, Rumah Edukasi dan Informasi Batu Bara yang lahir melalui tangan arsitek Yusriadi Sitorus dan kawan-kawan menggelar festival solo vocal sehari penuh, Senin (7/12/2020).

Festival yang juga dimaksud untuk menyambut HUT ke 14 Kabupaten Batu Bara yang jatuh pada 8 Desember 2020, menampilkan 15 finalis pria dan wanita.

Mereka diwajibkan membawakan lagu wajib yang merupakan lagu daerah Batu Bara serta lagu nasional sebagai lagu piihan.

Kepada wartawan, Yusriadi Sitorus mengungkapkan sebelum penyelenggaraan babak final, lebih dari 40 peserta mengikuti seleksi secara daring.

Dari seluruh peserta dipilih 15 terbaik untuk berlaga di babak final guna mendapatkan 5 juara.

“Kita membatasi peserta final hanya 15 orang karena situasi Covid-19”, terang Yusriadi.

Menanggapi penyelenggaraan festival Rumah Edukasi dan Informasi Batu Bara, EA Pasaribu mewakili komunitas jurnalis di Warung Appresiasi Press (Wappress) memberi apresiasi kepada penyelenggara yang memilih festival bernuansa budaya.

“Ini sungguh bagus. Disaat anak muda keranjingan buat tik tok chalenge namun peserta lebih tertarik mengikuti lomba bernuansa budaya daerah.”, ujarnya

Pasaribu menyebut apapun hasil pengumuman pemenang sejatinya seluruh peserta final sebanyak 15 orang adalah pemenang.

Hanya saja pada setiap lomba harus ada pemenang sehingga dengan susah payah tim juri harus menentukan 5 besar sebagai pemenang.

Kepada yang tidak terpilih sebagai juara, Pasaribu memberi motivasi agar tidak putus asa dan menyerah.

“Yang tidak diumumkan sebagai juara jangan putus asa. Teruslah berlatih dan berlatih mengasah kemampuan masing-masing. Inshaa Allah dilain lomba anda malah yang jadi juara pertama”, gugah Pasaribu.

Pada kesempatan tersebut Pasaribu mengusulkan agar festival seperti yang digelar Rumah Edukasi dapat dilangsungkan ditempat yang lebih luas seperti MPH Tanjung Gading.

Peserta festival lagu daerah Batu Bara tahun depan juga diharapkan lebih banyak meliputi pemuda pemudi baik yang tinggal di Batu Bara maupun yang berada di 8 penjuru angin.

Pada akhir sambutannya, Pasaribu berharap tetap  pertahankan Rumah Edukasi Informasi Batu Bara.

“Teruslah buat kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk orang lain. Terkhusus muda mudi Kabupaten Batu Bara” tutupnya mengakhiri.

Acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang serta penyerahan hadiah yang dilaksanakan oleh perwakilan Wappres Supriadi dan Ketua BPI KPNPA RI Batu Bara Sultan Aminuddin pada sore harinya.

Usai acara Koorditator Rumah Edukasi dan Informasi Wan Azimah mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta dan panitia serta seluruh pihak yang mendukung kegiatan mereka.

“Hari ini telah selesai acara festival solo vocal lagu Batu Bara dalam rangka memeriahkan HUT ke 14  Kabupaten Batu Bara yang di adakan oleh  Rumah Edukasi Kabupaten Batu Bara. “Semoga Batu Bara tetap maju dan berjaya. Saya ucapkan selamat untuk para pemenang. Terimakasi untuk Bapak dari Wappress, Bapak Ketua BPI KPNPA RI  Batu Bara yang telah hadir di acara penutupan ini”, ungkap Wan Azimah.(*)

Rizal Hutagaol

Komentar Anda
  • Bagikan