Semangat Pers Yang Terpercaya Untuk Demokrasi Pancasila Yang Sehat

  • Bagikan

Kabarsimalungun.com


“Pers Indonesia terus dapat menyajikan berita-berita yang terpercaya sehingga dapat mencerdaskan, memajukan, dan mempersatukan bangsa, mengingat pers sebagai pilar penegak demokrasi Pancasila (legislatif, eksekutif, yudikatif dan pers) dan garda penting dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang menjadikan sistem demokrasi lebih akuntabel, tanggap, dan ramah warga,“ dikatakan oleh Wakil Ketua DPRRI, Azis Syamsuddin, memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tanggal 9 Februari 2021 di Jakarta dengan tema, “Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi dengan Pers sebagai Akselerator Perubahan”.


“Pers yang terpercaya bagi masyarakat, dituntut untuk selalu meningkatakan kualitas informasi yang valid, akurat, aktual dan berkualitas sehingga menyadarkan kita akan berbagai aktivitas sosial, politik dan ekonomi yang terjadi. Penyiaran, baik televisi dan radio, media sosial telah berperan sebagai tulang punggung demokrasi dalam mendidik masyarakat membentuk demokrasi yang sehat,” tutur Azis Syamsuddin.


Dengan memperhatikan aspek-aspek demografi, gender, lokasi, dan psikografis dalam pemberitaan yang ditayangkan, Azis Syamsuddin berharap, “Segenap insan pers untuk cepat dan tanggap terhadap kemajuan teknologi, seperti melakukan inovasi pemberitaan yang relevan dengan pembaca media digital dan non-digital, mengingat terdapat perbedaan antara pembaca digital dan non-digital, yaitu pembaca digital cenderung masyarakat yang berada di usia 18-24 dan 25-34 tahun, sedangkan pembaca non-digital, seperti Koran, cenderung berusia 35 tahun ke atas”. (AS/pr)

Komentar Anda
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!