Waspada !!! Sumut Memasuki Puncak Curah Hujan Tinggi

Waspada !!!
Sumut Memasuki Puncak Curah Hujan Tinggi.

Hal ini disampaikan oleh mbak Nora Sinaga, Staff pelayanan jasa pada Kantor BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika) – Wilayah 1 Medan di jalan Ngumban Surbakti Medan, melalui Hp Seluler kepada wartawan Bambang Supriadi Siregar, Senin 23 November 2020.

Menurut keterangan yang disampaikan Nora Sinaga bahwa di Sumatera Utara Puncak hujanya pada bulan Oktober – November dan akan berakhir di pertengahan Desember 2020.
Dan kondisi sekarang pada posisi transisi dari puncak curah tersebut ke keadaan Normal.

Menurut pantauan Kantor BMKG – 1 seperti yang diutarakan mbak Nora kondisi curah hujan yang cukup tinggi sekarang ini karena juga diperparah akan ada gangguan cuaca berupa tekanan rendah (LOW) di teluk Benggala dan di Samudera Hindia Barat Sumatera, sehingga wilayah Sumatera Utara terjadi pertemuan angin.

Khusus wilayah pegunungan, lereng timur, pantai timur Sumatera Utara beberapa hari ke depan berpotensi terjadi hujan ringan hingga lebat yang dapat disertai angin kencang dan petir.

Ditambah adanya kondisi atmosfer yang lagi labil hal ini disebabkan kondisi lokal atas perbedaan suhu dan tekanan udara pada ketinggian 1000 m dan 3000, sehingga terjadi pergerakan massa udara yang cukup signifikan, diutarakan oleh ibu Nora.

Hal – hal lain juga memperparah keadaan cuaca akhir – akhir ini juga adanya seperti sirkulasi siklonik, yaitu pusaran angin yang ‘mengajak’ massa udara atau uap air sebagai faktor utama pembentukan awan, ditambah sirkulasi tertutup (EDY) yang terjadi di Samudera Hindia Barat Daya.
Akibatnya wilayah mendapat banyak asupan massa air basah sehingga pertumbuhan awan semakin tinggi, nah jadilah banyak hujan, ujar bu Nora.

Berdasarkan hal-hal tersebut diatas maka BMKG menghimbau
agar masyarakat yang berada di wilayah bantaran sungai agar tetap waspada terjadi banjir kiriman dan masyarakat di wilayah pegunungan untuk tetap waspada terhadap longsor.

Untuk masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam melalui call Center 061- 8222877, 8222965 (hunting), Email : bbmkg1@bmkg.go.id.

REDAKSI

10 Pembaca
error: Content is protected !!