Kampung Tanggap Bencana Banjir Kelurahan Rawa Buaya laksanakan simulasi latihan

  • Bagikan

Kampung Tanggap Bencana Banjir Kelurahan Rawa Buaya laksanakan simulasi latihan

Kodam Jaya, Jakarta – Antisipasi bencana Banjir, Koramil 04/Cengkareng Kodim 0503/Jakarta Barat gelar latihan simulasi kesiapan di kampung tangguh bencana Banjir Jakarta Barat di wilayah Kelurahan Rawa Buaya Kecamatan Cengkareng pada pukul 14.00 Wib.(Jum’at, 04/12/20)

Kegiatan Simulasi yang di laksanakan di Jalan Darma Wanita V, Rt. 07/01, Kelurahan Rawa Buaya, Kecamatan Cengkareng yang langsung di hadiri Danramil 04 Cengkareng, Kapten Cpl Edy Moerdoko.

Pada kesempatan itu Danramil 04/CK, Kapten Cpl Edy Moerdoko mengharapkan agar pembentukan kampung tangguh di wilayah binaan dapat mensinergikan semua elemen masyarakat dan mengantisipasi bahaya bencana alam (banjir) yang nantinya mungkin akan terjadi.

“Dengan digelarnya kegiatan ini, masyarakat serta elemen lainnya memiliki kesiapan terhadap bencana khususnya Banjir.

Masyarakat diwilayah binaan diharapkan memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisasikan sumber daya masyarakatnya untuk mengurangi kerentanan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko dampak banjir,”kata Danramil

Menurutnya kegiatan ini mengarahkan masyarakat dan jajaran 3 pilar terkait untuk tanggap dan tangguh menghadapi bencana banjir dan tidak lupa Protap Protokol Kesehatan Covid -19 dengan 3-M serta mempelajari tehnik evakuasi korban menggunakan peralatan yang dimiliki oleh unsur 3 Pilar Kecamatan Cengkareng termasuk dukungan Tim Medis untuk mengevakuasi warga masyarakat yang terjebak banjir nantinya.

“Kesadaran untuk kebersihan di lingkungan masing-masing warga tidak kalah penting sebagai pencegahan awal”. Diketahui kampung tangguh merupakan program Pemprov DKI yang bertujuan memberdayakan masyarakat serta aparat lainnya untuk mampu secara mandiri mengendalikan berbagai risiko bencana yang dihadapi. Dan rencananya peresmian Kampung Tangguh Banjir akan dilaksanakan hari Minggu tanggal 6 Desember 2020.”Tutup Danramil Kapten Moerdoko.

Selain Danramil 04/CK, Kapten Cpl Edy Moerdoko, turut hadir Camat Cengkareng, Bapak Ahmad Faqih, Kapolsek Cengkareng yang diwakili Iptu Pol Munadi serta Lurah Rawa Buaya bapak Sofuan Gusti.

Adapun personil yang mengikuti Gladi Simulasi Kampung tangguh bencana banjir ini antara lain; 5 Personil Koramil yang di pimpin Pelda Zaini, Babinkamtibmas Kel. Rawa Buaya, 4 personil Sudis Gulkarmat, 2 Personil Sudis Nakertrans dan Energi personil, 2 personil Sudis Perhubungan, 2 personil Sudis LH Kota Adm Jakbar, 2 personil Sudis Kesehatan, 1 personil Sudis Kominfotik, 8 personil Satpol PP, 4 personil PMI, 4 Personil BNPB dan 10 personil Tagana.

Sedangkan peralatan yang digunakan dalam kegiatan Simulasi ini yakni peralatan Koramil 04/CK seperti ; Kendaraan Dinas (Randis) Koramil 04/CK, Perahu Fiber dengan mesin tempel 30 PK Perahu Karet 1 unit dan pelampung 5 unit.

Peralatan dari Gulkarmat meliputi ; Randis dan Perahu Karet 1 unit. Sedangkan peralatan PMI yakni ; Ambulance,Tenda dan alkap medis 1 set dan dari Tagana dengan tenda 1 set, untuk peralatan dari Dinas Sosial (Dinsos), Tenda 1 Set dan Alkap pendukung 1 set, dan Dinas Perhubugan (Dishub) dengan peralatan SPM 2 unit.(red/*)

Sumber Pendim 0503/JB

Komentar Anda
  • Bagikan
error: Content is protected !!