Mahasiswa UINSU Laksanakan KKN-DR 67 Di Nagori Talun Kondut.

  • Bagikan

Kabarsimalungun.com. Simalungun – 30 orang mahasiswa/i Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) melaksanakan Kulia Kerja Nyata (KKN) di Desa/Nagori Talun Kondot, Kecamatan Panombeian Panei, Kabupaten Simalungun. Dibimbing oleh dosen pembimbing lapangan (DPL) yaitu Drs.Mahidin,M.PD dan diketuai Sudarmansyah. Para mahasiswa mengambil tema ” Pemberdayaan masyarakat melalui program gemar membaca dan meningkatkan perekonomian yang kreatif di desa Talun Kondot”.

Mahasiswa KKN-DR 67 UINSU Simalungun saat ditemui dilapangan Jum’at 23/7/2021 sekira jam 10,00 Wib tampak terlihat melaksanakan berbagai macam kegiatan yang bermanfaat. Seperti  gotong royong  bersama Charles Saragih selaku Kepala desa/Pangulu Talun Kondot dengan membersihkan lingkungan dan masjid. Serta membuat tong sampah agar kebersihan lingkungan setempat selalu dapat terjaga. Selain itu mahasiswa juga menghimbau masyarakat agar terus melakukan prokes terhadap Covid-19.

Dengan cara membagikan tiga buah masker disetiap rumah warga yang berjumlah sebanyak 300 jiwa kurang lebih 167 KK. Para mahasiswa juga membagikan masker kepada anak-anak  madrasah Talun Ni’mah sekaligus membagikan hand sanitizer di tempat tempat umum seperti Masjid, madrasah dan kantor kepala desa. Serta mensosialisasikan bagaimana cara untuk pencegahan covid-19. Salah satunya dengan cara mengajarkan rajin mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir selalu mengunakan masker serta atur jarak dan menjauhi kerumunan.

Tidak hanya itu para mahasiswa KKN-DR 67 juga berbagi ilmunya dengan berkontribusi mengajar anak-anak madrasah Talun Ni’mah dengan mengajarkan Bahasa Inggris bertujuan agar anak anak Madrasah tersebut setidaknya paham tentang bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional. Dan nantinya juga mereka akan membuat perpustakaan mini agar minat baca anak madrasah lebih kuat dan ilmu pengetahuannya juga semangkin luas.

Para mahasiswa juga mengikuti pengajian para ibu-ibu dan pengajian remaja. Yang bertujuan positif untuk terus meningkatkan ketaqwaan dan menjalin silaturahmi yang lebih kuat dengan masyarakat setempat. Dan nantinya juga mereka akan membagikan buku yasin serta baju custum sebagai bentuk amal jariyah tutur Sudarmansyah selaku ketua KKN-DR 67 pada saat pengajian remaja.

Saat melakukan pengajian tersebut juga ustad Zainudin Saragih S,Pdi sangat mengapresiasi kehadiran mahasiswa KKN-DR 67 dengan harapan bisa berkontribusi dengan kegiatan lainnya. Dan juga akan selalu ada mahasiswa/i KKN berada di desa ini setiap tahunnya. Dengan harapan agar Desa/Nagori ini kedepannya semangkin maju dan berkembang dan memiliki nilai nilai yang positif, ujarnya.(her)

Komentar Anda
  • Bagikan