BMKG Wilayah I : Waspada Banjir dan Tanah Longsor untuk arus balik libur panjang Wilayah Sumatera Utara.

Medan, Waspada Banjir dan Tanah Longsor untuk arus balik libur panjang Wilayah Sumatera Utara.

Hal ini disampaikan oleh sdri. Utami Al Khairi, Staff Pelayanan jasa Kantor BMKG Wilayah I, di jalan Ngumban Surbakti Medan melalui Telepon sambungan seluler kepada Pewarta Bambang Supriadi, Sabtu 31 Oktober 2020.

Adanya gangguan cuaca berupa tekanan rendah (LOW) di teluk Benggala dan masih adanya sirkulasi EDDY di Samudera Hindia barat Sumatera sehingga wilayah Sumatera Utara terjadi belokan angin yang berpotensi terjadinya hujan ringan hingga lebat yang disertai angin kencang dan petir di Sumatera Utara khususnya wilayah pegunungan, lereng timur, pantai timur dan sebahagian lereng barat Sumatera Utara.

Untuk daerah lereng barat dapat diinformasikan seperti Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, sebahagian dari Humbahas.

Begitu juga Wilayah Pantai Timur Sumatera Utara dari mulai wilayah Labuhan Batu, Tanjung Balai, Batu-Bara, Tebing Tinggi, Medan dan berakhir di Binjai,

Sedangkan untuk wilayah Lereng Timur adalah Asahan, Labura, Labusel, Siantar, Padang Lawas sebahagian, Deli Serdang dan berakhir di Langkat.

Dari data BMKG yang diberikan potensi hujan lebat pada malam hari dalam satu hari ke depan dapat terjadi di daerah Salak, Sidikalang dan Kabanjahe.

Dan Potensi terjadi hujan sedang siang hari dapat terjadi di daerah Kota Pinang, Rantau Prapat, Aek Kanopan, Tanjung Balai, Kisaran, Lima Puluh, Sei Rampah.

Untuk Potensi hujan sedang di malam hari dapat terjadi di Tarutung, Sibolga, Balige, Raya, Lubuk Pakam , Medan dan Binjai.

Berdasarkan hal-hal tersebut maka BMKG menghimbau agar masyarakat yang berada di wilayah bantaran sungai agar tetap waspada terjadi banjir kiriman dan masyarakat di wilayah pegunungan untuk tetap waspada terhadap longsor yang bisa terjadi akibat curah hujan yang tinggi.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, baik tentang potensi hujan dan Angin Kencang BMKG membuka layanan informasi 24 jam dapat menghubungi melalui Call Center : 061 – 8222877, 8222965
(hunting), Email : bbmkg1@bmkg.go.id.

Bambang S.S.

26 Pembaca
error: Content is protected !!