Hujan Deras Rendam Ratusan Rumah di Batu Bara

Batu Bara, Ratusan rumah di dua Kecamatan di Kabupaten Batu Bara kembali dilanda banjir yang merupakan kiriman dari daerah Simalungun.

Banjir di Kecamatan Medang Deras dan Kecamatan Datuk Lima Puluh mengakibatkan ratusan rumah terendam atau terdampak banjir.

Prihatin melihat warga yang setiap tahun terendam banjir, Bupati Batu Bara H Zahir didampingi sejumlah pejabat daerah dan Kepala Desa meninjau kondisi banjir tiga desa di Kecamatan Datuk Lima Puluh, Senin pagi (7/9/20).

Informasi yang diterima dari tim Tagana Dinas Sosial Kabupaten Batu Bara, sebanyak tiga desa di Kecamatan Datuk Lima Puluh terdampak banjir tahunan tersebut yakni Desa Kwala Gunung 33 rumah, Empat Negeri 14 rumah dan Desa Simpang Dolok sebanyak 57 rumah. Puluhan rumah warga tersebut terdampak banjir sejak Sabtu (5/9/20) dengan ketinggian air mencapai 80 cm.

Sehari sebelumnya, Minggu (6/9/20) Bupati juga meninjau banjir di Kecamatan Medang Deras yakni di Desa Sei Buah Keras 36 rumah, dan Desa Nenas Siam 3 rumah.

Sejak banjir melanda, Pemkab Batu Bara melalui dinas terkait tampak cepat tanggap dengan mendirikan posko-posko penampungan serta memberikan bantuan sembako dan obar-obatan kepada masyarakat terdampak banjir.

Pantauan wartawan, dalam peninjauannya Bupati tampak langsung mengarungi genangan air menyambangi dan memberi suport kepada warga yang terkena banjir.

Bupati berharap banjir segera usai sehingga masyarakat merasa nyaman dan dapat kembali beraktivitas.

Hingga Senin siang kondisi banjir di tiga desa tersebut sudah surut, ketinggian air yang sebelumnya sekitar 80 cm kini hanya dengan ketinggian sekitar 40 cm. Demikian pula akses jalan menuju RSUD Batu Bara yang sebelumnya tergenang air kini juga sudah kering. (RG)

12 Pembaca
error: Content is protected !!